Selasa, 13 Oktober 2015

Pengecoran Kuda-Kuda Beton Bagian Depan Tahap 1

Pengecoran kuda-kuda beton bagian depan direncanakan berlangsung dalam 2 tahap. Pada tahap 1 dikerjakan pengecoran kuda-kuda beton yang terletak di posisi kedua dari bagian depan bangunan yang prosesnya dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 Oktober 2015. Pengecoran menggunakan semen beton ready mix dan distribusi ke lokasi pengecoran dikerjakan secara manual. Letak lokasi pengecoran cukup dekat karena berada di bagian depan bangunan dan untuk mengangkut semen beton dari mobil, digunakan alat angkut yang didorong oleh tukang.      



Semen beton kemudian diangkut ke ketinggian sekitar 13,32 meter menggunakan katrol dan sekali pengangkutan rata-rata menggunakan sekitar 4 ember.




Pekerja yang berada di kuda-kuda beton selanjutnya menuang semen beton kedalam bekisting dan melakukan pemadatan semen menggunakan kayu serta memastikan semen terisi penuh dalam bekisting. Dalam proses pengecoran sebagaimana tampak dibawah, dilakukan pada bidang yang miring sehingga semen cenderung akan meluncur menuju tempat yang rendah.  





Menjelang sore sekitar pukul 16.45, pengecoran dilanjutkan pada kuda-kuda beton depan sisi kiri. Untuk pengecoran kali ini dipakai 3 m3 semen beton ready mix.




Saat bekerja, para tukang juga mengambil waktu untuk beristirahat, mengobrol namun tetap serius melakukan pekerjaannya, dan sekali-kali terdengar suara tertawa yang mewarnai proses pengecoran. Tampak Syafii, Amat, dan Madi sambil mengisi semen ke ember, bersenda gurau sementara pekerja yang bertugas menarik semen beton menunggu hasil pengisian semen ke ember. 



Pekerja yang mengisi semen ke ember dapat bergantian dengan pekerja yang menarik semen ke atas di lokasi kuda-kuda beton. Tampak saat ini Syafii dan Pae sedang mengisi semen dan mengaitkan tali pada ember. 




Setelah semen dikosongkan dari mobil pengangkut semen, sopir membersihkan dengan menyemprot air. Tampak Samuel Sollisa sedang memperhatikan proses pengosongan semen dan pembersihan semen dari mobil yang dikerjakan oleh sang sopir.





Mobil pun akhirnya meninggalkan lokasi dan para pekerja melanjutkan pengecoran untuk target hari ini dengan menghabiskan semen yang telah dituangkan dari mobil. Pengecoran akhirnya harus diteruskan hingga malam hari. Diterangi dengan lampu, para pekerja melakukan pekerjaannya dengan pengawasan untuk keselamatan kerja, dan koordinasi dari lantai atas dan dari lantai bawah dilakukan dengan baik. Puji Tuhan pekerjaan dapat berjalan dengan baik. 




Hasil pengecoran yang dikerjakan pada tanggal 13 Oktober 2015, tampak pada foto yang diambil pada tanggal 15 Oktober 2015 di bawah ini.



1 komentar:

  1. mau tanya gan, untuk menyiasati cor-coran yang turun ? kalo ngecornya pisah-pisah bukannya mempengaruhi kekuatannya ya gan?

    BalasHapus